Jumat, 06 November 2009

Bisakah biji jagung biasa mengembang seperti berondong?

Berondong adalah satu-satunya dari lima jenis biji jagung yang mengembang secara konsisten. Berdasarkan penuturan Gregg Hoffman dari American popcorn, kuncinya terletak di air. Setiap biji berondong mengandung air, yang dipertahankan sekitar 13,5 % oleh kebanyakan pemasak berondong.
Air itu disimpan dalam lingkaran kecil bagian lembut dalam setiap biji. Di sekelilingnya adalah bagian keras biji seperti lapisan. Ketika biji dipanaskan, air didalamnya memanas dan mulai menguap. Fungsi bagian keras biji tadi untuk mempertahankan air selama mungkin.
Ketika bagian keras biji berondong tak lagi sanggup menahan air yang semakin panas dan menguap, air pun keluar. Akibatnya, bagian lembut dalam biji mengembang dan biji berondong menjadi terbalik, bagian dalam keluar dan bagian luar kedalam. Kandungan air yang berubah menjadi uap, dilepaskan dan biji berondongpun merekah.
Empat jenis biji jagung lain mampu menyimpan air secara efektif. Namun bagian luar biji yang keras tidak cukup keras untuk menahan tekanan air dari biji jagung yang mengembang. Akibatnya, hasilnya tidak merekah seperti berondong.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar